Popular Post

Posted by : Unknown 7 Apr 2013


A.    Sejarah Berdirinya Yayasan Pendidikan Gajah Mada
Sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa  terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur. Memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani,  kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakat dan kebangsaan.
Maka berdasarkan hal tersebut Yayasan Pendidikan Gajah Mada ikut terpanggil dan ikut bertanggung jawab dalam usaha mencapai Tujuan Pendidikan Nasional tersebut. Yayasan Pendidikan Gajah Mada adalah merupakan suatu lembaga yang mengelola khususnya bidang pendidikan. Yayasan Gajah Mada saat ini telah mengelola 3 (tiga) sekolah yaitu : Sekolah Menengah Pertama (SMP) Gajah Mada, Sekolah Menengah Atas (SMA) Gajah Mada, dan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) Gajah Mada.
Pendiri Yayasan Pendidikan Gajah Mada :
1.    Kuryani (Alm.)
2.    Mat Tjik. AL (Alm.)
3.    Ny. Salamah
Yang juga termasuk perintis berdirinya Yayasan Pendidikan Gajah Mada yaitu sumbangsih pemikiran yaitu : Bapak I. N. Adi Jaya, Drs. Fakih Wiraatmaja, Drs. M. Jimo, dan Drs. Ragil Sukadis. Berdirinya Yayasan Pendidikan Gajah Mada pada tanggal 19 Mei 1983, Akta Notaris No. : 72. 1983, untuk pertama kali Yayasan Pendidikan Gajah Mada telah mulai penyelenggaraan proses belajar mengajar pada Tahun Ajaran 1983/1984 dengan ijin operasional : SMA Nomor : A3 7442.a/R/1986. tanggal 12 Agustus 1986 dan SMU Gajah Mada NO. A3 7442/1. 12/R/1986.
Pada tahun 1987 Yayasan Pendidikan Gajah Mada mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Gajah Mada dengan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 411/I.12.B.1/4/1990. Setelah beberapa tahun berlangsung proses belajar mengajar berjalan sejak berdirinya tahun 1983 jenjang status sekolah dari status “TERDAFTAR” berubah ke jenjang yang lebih tinggi menjadi status “DIAKUI”.
SMA Gajah Mada menjadi status “DIAKUI” sejak tahun 1988 dengan surat keputusan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Wilayah Propinsi Lampung Nomor : 10997/I.12/1/1988. SMU Gajah Mada menjadi Status “DIAKUI” sejak tahun 1989 dengan Surat Keputusan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Wilayah Propinsi Lampung Nomor : 001/C/Kep/1/1989. Pada tahun 1992 SMU Gajah Mada menjadi status “DISAMAKAN”.
Pada tahun 1990 SMK Gajah Mada menjadi Status “DIAKUI” dengan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 349/C/Kep/I/1980. Sejak tahun 2006 melalui SK No :  09.C/BAS PROP/LAMP/2006  Tgl: 06-12-2006,
status akreditasi SMA Gajah Mada adalah “Terakreditasi B”.

Periodisasi Kepala Sekolah SMA GAJAH MADA :
1.       Drs. FAKIH WIRAATMAJA                             Periode 1983-1984 s.d. 1985-1986
2.       Drs. H. DJAMHARI RAHADI                        Periode 1985-1986 s.d.. 1986-1987
3.       Drs. TUGIMAN ELFIAN                     Periode 1987-1988 s.d. 1999-2000
4.       Drs. H. DJAMHARI RAHADI                          Periode 2000-2001 s.d. 2006/2007
5.       Drs. TUGIMAN ELFIAN                     Periode 2007-2008 s.d. 2009 – sekarang

B. KEPENGURUSAN YAYASAN PENDIDIKAN GAJAH MADA :
Pembina                                  : Hi. KURYANI (Alm.)
Ketua                                       : Hj. SALAMAH
Pengawas YPGM                     : DHARMA SAPUTRA, S.H, M.H.
Sekretaris                                : Hi. YULHAZMIR
Pembantu Sekretaris               : MUKRIMAN, SH.
Bendahara                               : ARVAN SAPUTRA, S.H.
Pembantu Bendahara              : JALIANSYAH
Pengawas SMP                                    : IN. ADI JAYA
Pengawas SMA                                    : Drs. H. DJAMHARI RAHADI
Pengawas SMK                                    : Drs. RAGIL SUKADIS

VISI DAN MISI SMA GAJAH MADA
    1.1. V I S I                       :  Menjadikan    SMA    Gajah    Mada   sekolah   yang   baik,   bermutu,   
                                                    berprestasi  dan  berimtaq
                                                :  1. Prestasi dalam pencapaian kelulusan
                                                 2. Prestasi dalam melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri
3. Prestasi dalam bidang keagamaan
4. Prestasi dalam disiplin belajar
5. Prestasi dalam kegiatan lomba Olah Raga.
6. Prestasi dalam kegiatan Ekstra / Kreatifitas

     1.2. M I S I                     :  1. Melaksanakan proses belajar mengajar dan bimbingan secara efektif
                                                 2. Mendorong  kemampuan  professional  guru,  karyawan, tata  usaha 
                                                       pengelola  laboratorium, perpustakaan  dan  sarana  lain.
                                                 3. Menumbuhkan  kesadaran pada  diri siswa untuk mengetahui tugas
                                                        dan kewajibannya.
                                                 4. Menumbuhkembangkan  jiwa   disiplin  pada   semua   warga 
                                                        sekolah.
                                                 5. Membantu  siswa  untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat
                                       dikembangkan  secara optimal.
                                                 6. Melaksanakan  kegiatan  ekstra  kurikuler  secara  optimal.






TATA  TERTIB  /  POINT  PELANGGARAN   SISWA SMA GAJAH MADA


TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011


No
TATA TERTIB / JENIS PELANGGARAN
POINT


A
Terlambat


1
1 - 5 Setelah 5 menit bel tanda masuk dibunyikan
2

2
6 - 10 Setelah 10 (sepuluh) menit bel tanda masuk dibunyikan
     3

3
11 - 15  menit bel tanda masuk dibunyikan
3

4
Setelah bel istirahat / saat pergantian pelajaran :



a.  Setelah 5  menit bel masuk
2


b.  Setelah 10 menit bel masuk
3

5
Keluar tanpa ijin pada saat KBM berlangsung, kembali kekelas lebih dari :



a.   5  menit
2


b.  10 menit
3


c.  Tidak kembali ke kelas
5

6
Ijin keluar ketika KBM berlangsung dan tidak kembali lagi
10

B
KEHADIRAN


1
Tidak masuk karena ijin / sakit dengan alasan tidak jelas
3

2
Tidak masuk tanpa keterangan (alpa)
5

3
Tidak masuk dengan membuat  keterangan palsu
10

4
Membolos tidak mengikuti KBM



a.  Tidak suka dengan mata pelajaran / guru yang mengajar
10


b.  Makan / ngobrol di kantin
10


c.  Berada di luar lingkungan sekolah
10

C
KERAPIHAN / CARA BERPAKAIAN


1
Memakai seragam tidak sesuai dengan ketentuan sekolah
10

2
Tidak memakai badge lokasi / OSIS
4

3
Berpakaian ketat,  baju jankis
10

4
Memakai celana gombor
10

5
Celana diinjak bagian bawahnya / dengan sengaja disobek bagian bawahnya
5

6
Berpakaian tidak rapi / tidak dimasukkan (khusus Pria)
4

7
Memakai atribut tidak sesuai dengan ketentuan
5

8
Memakai sepatu sandal
10

9
Memakai sepatu diinjak bagian belakangnya / tumitnya.
10

10
Memakai jaket saat KBM ( kecuali sakit )
3

11
Memakai topi bukan seragam sekolah
3

12
Memakai jilbab tidak sesuai ketentuan sekolah
3

13
Tidak memakai kaos kaki
1

14
Tidak memakai kaos singlet
1

15
Tidak memakai ikat pinggang
1

16
Tidak memakai topi saat upacara
2

D
KEPRIBADIAN


1
Memakai aksesoris gelang, kalung, anting ( pria )
5

2
Rambut panjang (pria )
5

3
Rambut di cat
10

4
Make up yang berlebihan
5

5
Kuku panjang
3

6
Berbohong / memberikan keterangan palsu
10

7
Mengeluarkan kata-kata tidak senonoh / tidak sopan dihadapan



guru, orang tua, siswa
15

8
Berkata Kasar / membentak guru, orang tua, siswa
25

9
Menyakiti perasaan orang lain
10

10
Mengintimidasi, mengancam siswa, teman lain
25

11
Makan / minum saat KBM
5

12
Hand Phone berbunyi saat KBM
5

13
Menggunakan Hand phone saat KBM
8

14
Menyontek saat ulangan
3

15
Bermusuhan dengan teman  baik didalam maupun diluar sekolah
20

E
KETERTIBAN


1
a.  Merusak benda milik teman
10


b.  Merusak benda milik guru
15


c.  Merusak benda milik sekolah
20


d. Mencuri
60

2
Corat-coret mengotori sekolah, milik orang lain
15

3
Membuat kegaduhan dalam kelas pada saat KBM
10

4
Memanjat / melompat pagar sekolah
25

5
Duduk dimeja
5

6
Menaikan kaki keatas meja
10

7
Berdiri diatas meja
5

8
Membawa senjata tajam
50

9
Membawa senjata api
120

10
Berjudi / main kartu dilingkungan sekolah
40

11
Tidak membawa buku pelajaran sesuai dengan jadwal
5

12
Tidak mengerjakan tugas
4

13
Tidak mengerjakan PR
3

14
Tidak membawa buku saku
3

15
Buku saku hilang
10

16
Buku saku di tip ex, dicoret-coret
15

17
Membawa tip ex
3

18
Membawa spidol besar permanen
3

19
Mengubah / mencoret  absen kelas
10

F
MEROKOK NARKOBA, MINUMAN KERAS


1
Kedapatan membawa rokok di lingkungan sekolah
25

2
Kedapatan merokok di sekolah
35

3
Kedapatan merokok di lingkungan sekolah radius 100 meter
10

4
Kedapatan membawa narkoba atau minuman keras
120

5
Kedapatan mengedarkan narkoba atau minuman keras
120

6
Kedapatan menggunakan narkoba atau miniuman keras
120

7
Kedapatan mabuk karena narkoba atau minuman keras
120

G
BACAAN PORNO - VCD PORNO - HAND PHONE


1
Membawa gambar, stensilan, kaset/disket, VCD, HP Berkamera,Blutut/



HP Infra merah Porno.
40

2
Menjual gambar, buku, majalah, stensilan, kaset/disket, VCD porno
50

3
Membuat tulisan/ gambar porno di buku , dipapan tulis, ditembok, pintu dll.
30

4
Membawa, buku, majalah, stensilan, kaset/disket, VCD porno
15

H
PERILAKU SEKSUAL


1
Berpacaran dilingkungan sekolah
25

2
Berciuman dilingkungan sekolah
50

3
Melakukan tindakan asusila terhadap pacar / teman dilingkungan sekolah
60

4
Hamil
120

5
Menghamili
120

I
BERKELAHI TAWURAN


1
Berkelahi sesama siswa SMA Gajah Mada tidak berdampak keluar
20 - 40

2
Berkelahi sesama siswa SMA Gajah Mada  berdampak keluar
40 - 60

3
Berkelahi sesama siswa sekolah lain tidak berdampak keluar
30 - 50

4
Berkelahi sesama siswa sekolah lain berdampak luas
60 - 80

5
Berkelahi dengan guru / karyawan
120

6
Berkelahi dengan membawa senjata tajam
70

7
Berkelahi dengan membawa senjata tajam  sampai melukai
100

J
INTIMIDASI ATAU ANCAMAN


1
Mengancam / mengintimidasi Kepala Sekolah
100

2
Menganiaya/ mengeroyok kepala sekolah, guru, karyawan
120

CATATAN :



A.   SKOR PELANGGARAN SISWA



1.  Bila skor  :  0  -  20   = perilaku baik



2.  Bila skor  :  21 - 30   = perilaku sedang / cukup



3.  Bila skor  :  31 - 59   = perilaku kurang baik



4.  Bila skor  :  60 - 70   = perilaku buruk



5.  Bila skor  :  >     70   = perilaku amat buruk



B. Bila ditemukan barang / benda yang tidak ada hubungannya   
     dengan proses KBM akan diamankan oleh pihak sekolah    
     sebagai barang bukti .







C.  Hal - hal yang belum tercantum dalam buku saku siswa tentang   
      tata tertib Sekolah akan diatur kemudian




















SANKSI PELANGGARAN TATA TERTIB
JENIS SANKSI KELOMPOK A
  1. Pelanggaran 1 kali dibina oleh wali kelas dan BP serta membuat pernyataan
  2. Pelanggaran 2 kali dibina oleh wakasek dan membuat pernyataan yang diketahui orang tua/wali murid
  3. Pelanggaran 3 kali pemanggilan orang tua / wali murid dan diberikan skorsing 4 sd 6 hari
  4. Pelanggaran 4 kali panggilan orang tua / wali murid dan diserahkan kembali kepada orang tua/ wali murid ( dikeluarkan).
JENIS SANKSI KELOMPOK B
  1. Pelanggaran  1 kali dibina oleh wali kelas dan BP serta membuat pernyataan
  2. Pelanggaran 2 kali dibina oleh wakasek dan membuat pernyataan yang diketahui orang tua/wali murid
  3. Pelanggaran 3 kali pemanggilan orang tua / wali murid dan diberikan skorsing 4 sd 6 hari
  4. Pelanggaran no 1 sd 3 kelomppok B disertai dengan kewajiban mengganti sarana yang telah diambil atau dirusak.
JENIS SANKSI KELOMPOK C DAN KOMPONEN KERAPIAN POINT A DAN B
  1. Pelanggaran 1 kali dibina oleh guru kelas dan atau wali kelas
  2. Pelanggaran 2 kali dibina oleh guru kelas dan atau wali kelas
  3. Pelanggaran 3 kali dibina oleh BP
  4. Pelanggaran 4 kali dibina oleh BP dan membuat surat pernyataan pertama
  5. Pelanggaran 5 kali dibina oleh BP dan membuat surat pernyataan kedua
  6. Pelanggaran 6 kali dibina oleh Wakasek Kesiswaan dan membuat surat pernyataan diketahui oleh orang tua/wali murid
  7. Pelanggaran 7 kali dibina ole Wakasek kesiswaan dan pemanggilan orang tua /wali murid dan pemberian sanksi.
JENIS SANKSI KOMPONEN KERAJINAN I
  1. Pelanggaran 1 kali dibina oleh guru piket
  2. Pelanggaran 2 kali dibina oleh guru piket
  3. Pelanggaran 3 kali dibina oleh BP
  4. Pelanggaran 4 kali dibina oleh BP dan membuat surat pernyataan pertama
  5. Pelanggaran 5 kali dibina oleh BP dan membuat surat pernyataan kedua
  6. Pelanggaran 6 kali dibina oleh Wakasek Kesiswaan dan membuat surat pernyataan diketahui oleh orang tua/wali murid
  7. Pelanggaran 7 kali dibina ole Wakasek kesiswaan dan pemanggilan orang tua /wali murid dan pemberian sanksi.
JENIS SANKSI KOMPONEN KERAJINAN II
  1. Alpa 1 kali dibina oleh wali kelas
  2. Alpa 2 kali dibina oleh wali kelas
  3. Alpa 3 kali dibina oleh BP
  4. Alpa 4 kali dibina oleh BP dan membuat surat pernyataan pertama
  5. Alpa 5 kali dibina oleh BP dan membuat surat pernyataan kedua
  6. Alpa 6 kali dibina oleh Wkasek Kesiswaan dan membuat surat pernyataan yang ditanda tangani orang      tua / wali murid
  7. alpa  8 kali dibina oleh Wakasek kesiswaan dan pemanggilan orang tua/wali murid dan pemberian sanksi ( skorsing 4 sd 6 hari)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Date a live - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes -