Popular Post

Posted by : septa yongki 7 Apr 2013


Blog Sebagai Media Belajar di Era Digital
  

Pada tanggal 6-7 April Himpunan mahasiswa jurusan ilmu komputer fakultas matematika dan pengetahuan alam UNIVERSITAS LAMPUNG akan mengadakan Lomba Pembuatan Blog bagi pelajar  SMA dan SMK. Lomba blog yang diadakan Unila ini  sangat bermanfaat  untuk menguji penggunaan blog di kalangan pelajar khususnya posting-posting yang berkaitan dengan dunia pendidikan baik formal maupun informal.
Kita ketahui bahwa akhir-akhir ini, keberadaan blog telah menjadi kebutuhan bahkan gaya hidup sebagian masyarakat. Kegiatan blogging telah menjamur di mana-mana dari berbagai kalangan dan setiap elemen masyarakat. Entah itu hanya sebagai buku harian, ungkapan opini, ide, kreatifitas hingga untuk meraup penghasilan lebih dari berbagai macam bisnis dunia maya. Blog, adalah istilah dalam dunia maya yang sangat dikenal oleh para penggiat IT. Kata Blog berasal dari kata weblog yang diperkenalkan pertama kali sejak tahun 1998 oleh Jhon Barger. Dia memberi nama Weblog untuk menspesifikasikan istilah website yang bersifat pribadi dan sering di update dari waktu ke waktu. Dengan kata lain Blog itu adalah website yang bersifat persoal, yang memuat opini pesonal dan hal-hal lain yang merupakan aktualisasi diri pembuatnya secara personal yang ingin ia kabarkan pada komunitas global. Meskipun personal, isinya bisa dinikmati siapa saja darimana saja dan kapan saja. Blog sangat banyak diminanti oleh para penggiat di dunia maya karena bisa menjadi rumah kedua untuk menyalurkan hobi bahkan promosi.
Sebagai dikutip dari Wikipediaindonesia.com, dilihat dari pemanfaatannya, blog dapat dibagai menjadi beberapa jenis, antara lain: 
1) Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye), 
2) Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman,  
3) Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu,  
4) Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.  
5) Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog)
6) Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling,  
7) Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru, 
8) Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws),
9) Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televise,  
10) Blog agama: Membahas tentang agama,  
11) Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru, 
12) Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu,  
13) Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website, 
14) Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka,  
15) Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing, 
16) Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog).
Dengan blog pelajar dapat menggunakan secara gratis.Pelajar dapat menulis apa saja yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.Blog dapat juga diberikan animasi gambar dan tulisan sehingga lebih menarik. Guru seharusnya bisa menggunakan sarana blog untuk media pembelajaran dan siswa dapat menggunakan untuk mencari materi dan mengumpulkan tugas yang diberikan guru. Sehingga siswa bisa menggerjakan tugas di manapun di berada.
Jenis blog diatas dibagi berdasarkan klasifikasi dan fokus yang akan dibahas dalam blog tersebut. Dalam perkembangannya, banyak blogger (sebutan bagi penggiat blog) yang mencampur semua jenis-jenis blog diatas menjadi satu blog dengan isi yang bervariasi. Penulis tidak akan menjelaskan secara detail jenis-jenis blog tersebut, tapi sebagai seorang pendidik (guru), penulis akan mencoba fokus pada pemanfaatan blog sebagai media dan sumber belajar alternatif di sekolah.
Akhirnya semoga lomba blog ini menjadi agenda setiap tahun dan diharapkan pelajar dapat mempelajari blog sebagai media belajar dan komunikasi di era digital sekarang ini. Kita berharap agar penggunaan Internet oleh pelajar dapat digunakan yang bermanfaat bagi masa depannya sendiri.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Date a live - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes -