Popular Post

Posted by : Unknown 7 Apr 2013

Entah darimana dan bagaimana datangnya kekerasan dalam dunia pendidikan yang sepertinya sudah membudaya dalam berbagai kegiatan pendidikan. Kekerasan disini tidak hanya berupa fisik melainkan kekerasan yang bersifat bathin, contohnya memarahi siswa dengan bahasa yang kasar sehingga membuat siswa sakit hati, takut bahkan kehilangan gairah belajarnya.

Sewaktu SD, SMP saya pun pernah mengalami satu bentuk kekerasan tersebut, ketika itu rasa semangat dan gairah belajar saya menghilang karena perasaan takut, kesal dan marah.Seharusnya kita sebagai calon pendidik tidak harus berbuat keras seperti itu, karena hal itu bisa membuat siswa enggan untuk belajar, enggan untuk sekolah dan lebih parah lagi ketika dia dewasa nanti dia akan melakukan hal yang sama pada teman-temannya, adik kelasnya dan kepada muridnya kelak ketika ia menjadi seorang pendidik.

Memang terkadang susah untuk bersabar ketika menghadapi situasi yang sangat menjengkelkan, tapi sebagai pendidik kita harus pandai-pandai dalam bersikap, bertutur kata dan berprilaku yang baik agar tidak terjadi kekerasan dalam pendidikan. Dengan cara itulah tujuan belajar bisa tercapai karena tercipta suasana kelas yang kondusif dan tidak penuh dengan ketegangan. Yuk mari kita hapuskan kekerasan dalam dunia pendidikan, agar masa depan kita semua lebih cerah.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Date a live - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes -